You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Karangjambe
Desa Karangjambe

Kec. Padamara, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

Sistem Informasi Desa Karangjambe ini masih dalam tahap pengembangan

Karangjambe Laksanakan Pembinaan Administrasi 10 Program Pokok PKK oleh TP PKK Kab. Purbalingga

Administrator 14 Juni 2023 Dibaca 2.234 Kali
Karangjambe Laksanakan Pembinaan Administrasi 10 Program Pokok PKK oleh TP PKK Kab. Purbalingga

KARANGJAMBE TP PKK Kabupaten Purbalingga melaksanakan pembinaan Administrasi 10 program pokok PKK di Desa Karangjambe Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga pada Selasa (13 Juni 2023).

Acara tersebut langsung dihadiri oleh Ny. Imam Wahyudi selaku Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Purbalingga, Rombongan dari Pengurus PKK Kabupaten Purbalingga, TP PKK Kecamatan Padamara, Ny. Sumarinten selaku Ketua TP PKK Desa Karangjambe serta seluruh pengurus.

Ketua TP PKK Desa Karangjambe menyampaikan dalam sambutannya bahwa TP PKK Desa Karangjambe juga mengadakan pelatihan Dasa Wisma dan sosialisasi penanggulangan bahaya narkotika terhadap remaja di masing-masing dusun. Kemudian salah satu praktek dari pelatihan Dasa Wisma adalah pemanfaatan lahan pekarangan kosong untuk penanaman sayuran sebagai bentuk penanggulangan ketahanan pangan di masyarakat. Untuk lokasi percontohan di samping Aula Balai Desa Karangjambe. Dan nantinya juga akan di bangun Green House sebagai sarana untuk peningkatan Pendapatan Desa yang akan dikelola oleh TP PKK Desa Karangjambe, semua kegiatan ini didanai oleh anggaran Dana Desa Tahun 2023.

Dalam kunjungannya, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Purbalingga memberikan pembinaan administrasi terkait 10 Program Pokok PKK kepada Pengurus TP PKK Desa Karangjambe. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, para pengurus TP PKK Desa dapat melaksanakan program pokok PKK dengan baik dan dapat menyusun program-program yang inovatif dan kreatif.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Purbalingga Ny. Imam Wahyudi menyampaikan bahwa tertib administrasi menjadi salah satu kunci dalam mendukung keberhasilan 10 Program Pokok PKK. Menurutnya, dengan administrasi yang tertib, teratur dan sesuai ketentuan yang berlaku dapat berfungsi sebagai bahan evaluasi dan laporan bagi Tim Penggerak PKK di berbagai tingkatan.

Dari hasil evaluasi inilah bisa dilihat, bagaimana pembinaan yang telah dilakukan oleh ketua TP PKK Desa beserta pengurus dan Ketua TP PKK Kecamatan, karena berhasil tidaknya pelaksanaan 10 program pokok PKK tergantung dari administrasinya.

“Tujuan dari penilaian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan 10 program pokok PKK baik di kecamatan  maupun desa, yang dituangkan kedalam program-program kerja yang telah disusun setiap tahunnya,” jelas Ny. Imam Wahyudi.

Kemudian selain melakukan penilaian pihaknya juga melakukan pembinaan tertib administrasi kepada PKK Desa yang dilaksanakan per POKJA. Seperti biasa selanjutnya, PKK kecamatan melaporkan datanya kepada PKK Kabupaten dan PKK desa melaporkan datanya ke kecamatan.

Lebih lanjut, bahwa PKK sebagai mitra pemerintah memiliki fungsi dan peran yang strategis dalam pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga melalui unit terkecil yakni keluarga. keberadaan PKK ini sangat mendukung program kerja pemerintahan. PKK menjadi pembangkit perekonomian keluarga dan masyarakat, karena PKK merupakan salah satu unsur penggerak pembangunan. 

Oleh karena itu Imam Wahyudi berharap, tim Penggerak PKK Kecamatan dan desa memiliki ide kreatif dan inovatif yang baru, serta dapat bermanfaat untuk keluarga dan masyarakat. Kemudian dalam penyusunan program kerja hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi  kondisi.

“Administrasi ini akan mudah jika dikerjakan secara tepat waktu atau setiap selesai melakukan kegiatan PKK, jadi rumit jika sering tertunda yang pada akhirnya menumpuk di akhir bulan,” kata beliau.

Selain itu beliau juga mengapresiasi kegiatan penanaman sayuran di samping Aula Balai Desa Karangjambe sebagai percontohan kegiatan tanam sayuran di pekarangan.

Pemanfaatan lahan pekarangan akan  memberikan manfaat bagi kehidupan keluarga seperti: sumber pangan dan juga sebagai sumber pendapatan. Hal itu bisa dilaksanakan di pekarangan kosong dengan penanaman kebutuhan dapur seperti cabai, tomat serta sayuran dengan media polybag atau barang bekas seperti plastik minyak dan ember bekas.

Terakhir harapan dari Sunardi selaku Kepala Desa Karangjambe menyampaikan bahwa dalam acara pembinaan administrasi kedepannya TP PKK Desa Karangjambe akan lebih maju lagi dan program yang akan dilaksanakan seperti pemanfaatan lahan pekarangan kosong dapat diterapkan di seluruh masyarakat Karangjambe yang mempunyai lahan kosong agar ketahahanan pangan terutama sayuran bisa di cukupi sendiri. Dan untuk Green House bisa dimanfaatkan dan dikelola dengan baik, sehingga akan bermanfaat bagi masyarakat Desa Karangjambe pada umumnya.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image