You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Karangjambe
Desa Karangjambe

Kec. Padamara, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

Sistem Informasi Desa Karangjambe ini masih dalam tahap pengembangan

Cegah Demam Berdarah Karangjambe laksanakan PSN Massal

Administrator 01 Maret 2024 Dibaca 75 Kali
Cegah Demam Berdarah Karangjambe laksanakan PSN Massal

KARANGJAMBE - Untuk mencegah bertambahnya kasus Demam Berdarah (DB) warga masyarakat Desa Karangjambe melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) serentak pada hari Jum'at, 1 Maret 2024.  Kegiatan PSN dilakukan langsung ibu-ibu kader posyandu didampingi Perangkat Desa Karangjambe, tim Puskesmas Padamara dan Camat Padamara yang berkeliling ke rumah-rumah warga untuk memeriksa ada tidaknya jentik-jentik nyamuk di kamar mandi warga maupun tempat lain yang terindikasi sebagai tempat berkembang biak nyamuk.

Dalam kesempatan tersebut Camat Padamara, Widodo Panca Nugraha ikut serta mengawal kegiatan PSN di Karangjambe. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan sebagian besar tidak terdapat jentik-jentik nyamuk di bak mandi, tetapu beberapa rumah warga masih didapati jentik-jentik nyamuk di tempat penampungan lainnya seperti ember bekas, botol bekas, maupun tempat minum ternak.

Warga pun diminta segera membereskan dan membuang air yang terdapat di ember, botol maupun tempat minum ternak agar tidak ada lagi jentik-jentik nyamuk. Berdasarkan laporan dari Puskesmas Padamara warga Desa Karangjambe sudah ada yang terkena DBD.

 

Menurut Kepala Puskesmas Padamara, Achirul Soebagjo, PSN mandiri akan lebih efektif mencegah DBD dibandingkan fogging atau pengasapan. Hal ini dikarenakan ketika fogging nyamuk masih bisa berpindah tempat. Selain itu dampak akibat fogging juga dapat menimbulkan sesak napas. Masyarakat diharapkan secara rutin melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan dan PSN secara berkala. (Bn/Tw)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image