You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Karangjambe
Desa Karangjambe

Kec. Padamara, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

Sistem Informasi Desa Karangjambe ini masih dalam tahap pengembangan

Desa Karangjambe ikuti Lomba Satkamling Tingkat Polres Purbalingga

Administrator 21 Juni 2024 Dibaca 104 Kali
Desa Karangjambe ikuti Lomba Satkamling Tingkat Polres Purbalingga

KARANGJAMBE - Kamis (20/6/2024) Satbinmas Polres Purbalingga melaksanakan penilaian lomba Satkamling Tingkat Polres yang di ikuti 18 Kecamatan. Satkamling RT 2 RW 2, Desa Karangjambe merupakan salah satu wakil dari Kecamatan Padamara.

Kepala Desa Karangjambe , Sunardi menyampaikan selamat datang kepada Tim Penilai Lomba Satkamling di Desa Karangjambe. Menurut Beliau Poskamling di Desa Karangjambe apa adanya tanpa menambahkan hal lain.

20240620195801_IMG_2757    

Kasat Binmas Polres Purbalingga AKP Tedy Subiyarsono selaku tim penilai mengatakan bahwa Lomba Satkamling merupakan salah satu kegiatan dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-78 tahun 2024 yang diperingati setiap tanggal 1 Juli. Dimana dilakukan penilaian terhadap Satkamling yang ada di tingkat desa. Penilaian berdasarkan empat parameter yaitu sumber daya manusia, kelengkapan sarana dan prasarana, kegiatan operasional dan bimbingan. Empat parameter tersebut harus ada dalam Satkamling di masing-masing wilayah.

20240620202250_IMG_2798  

Sumber daya manusia yang terdiri dari Kepala Satuan Keamanan Lingkungan (kasatkamling) beserta anggotanya. Sarana dan Prasarana seperti petunjuk, himbauan, alat komunikasi, tongkat dan APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

Tujuan dari diadakannya lomba ini adalah untuk menjaga harkamtibmas yang dimulai dengan adanya satkamling yang beroperasional secara terus menerus bukan karena hanya ada penilaian lomba satkamlingnya aktif. Beliau juga berharap apabila ada tindak pidana pelaku kejahatan maupun pencurian agar di amankan dan tidak main hakim sendiri. 

Kasat Binmas menambahkan dengan kegiatan ini kami mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif menjaga keamanan lingkungan. Salah satunya dengan mengaktifkan kembali kegiatan siskamling.

“Dengan adanya lomba ini diharapkan memotivasi wilayah lainnya untuk bisa melaksanakan siskamling demi menciptakan keamanan dan ketertiban lingkungan,” pungkasnya.

20240620195506_IMG_2752 

Kanit Binmas Polsek Padamara, AIPDA Ian Susilo Prabowo yang hadir dalam kegiatan menyampaikan bahwa Satkamling Desa Karangjambe, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga merupakan salah satu yang aktif melaksanakan kegiatan poskamling. Oleh sebab itu, kami ajukan mengikuti lomba tingkat Polres Purbalingga.

“Intinya Desa Karangjambe ini untuk poskamling hampir semuanya aktif, tidak hanya untuk penilaian saja aktifnya tetapi sudah rutin setiap malam"

"Dan dalam kegiatan lomba tidak hanya untuk meraih juara. Namun yang lebih penting adalah adanya wujud peran aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan melalui siskamling,” ucapnya.

Dalam kegiatan dilakukan pemeriksaan administrasi Satkamling oleh tim penilai dan pengecekan sarana dan prasarana pendukung tugas siskamling. Selain itu dilakukan tanya jawab dengan anggota siskamling terkait kamtibmas dan penanganan kejadian. (BN)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image